MTs Negeri 2 Kota Semarang melaksanakan Penilaian akhir tahun (PAT) secara daring (online) dari rumah masing-masing

Kota Semarang (MTs Negeri 2 Kota Semarang) – Ikut menjadi bagian dalam pencegahan penyebaran pandemi covid 19 juga dalam rangka mengikuti protokol kesehatan selama pandemi covid -19 serta mengacu Surat Edaran Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Nomor. 2974 /Kw.11.2/PP.00/04/2020 tangal 27 April 2020 tentang perpanjangan KBM Daring dan jadwal kelulusan peserta didik. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Semarang melaksanakan Penilaian akhir tahun (PAT) secara daring (online) dari rumah masing-masing

PAT daring (online) dilaksanakan mulai hari Rabu tanggal 3 Juni 2020 s.d. Kamis 11 Juni 2020. Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara online tahun pelajaran 2019/2020 diikuti 21 rombongan belajar yang terdiri dari 350 peserta didik kelas VII dan dan 339 peserta didik VIII. PAT meliputi 16 Mata Pelajaran (Mapel) yang akan diujikan. Para peserta didik akan mengerjakan soal PAT  di rumah masing-masing dengan menggunakan smartphone, laptop, atau PC.

Atas keputusan kepala madrasah Bapak Drs. H. Fathul Hadi, M.Pd.I dalam rapat pembinaan terbatas dengan Wakil Kepala, KaUr TU dan Wali kelas dan tertuang dalam surat Pemberitahuan  Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Semarang Nomor: 186A/MTs.11.120/PP.00.1/05/2020 Tanggal 15 Mei 2020 untuk Orang tua/Wali peserta didik memutuskan dan memberitahukan bahwa Penilaan Akhir Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan secara daring (online) “Ini untuk mengikuti protokol kesehatan, pencegahan Covid-19 dan sesuai dengan anjuran pemerintah, bahwa semua aktivitas harus dilakukan dari rumah. Sehingga kita desain PAT tahun ajaran 2019/2020 dilaksanakan secara daring (online)”, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. PAT menggunakan aplikasi Google Form
  2. Demi ketancaran PAT online, akan dilaksanakan uji coba (simulasi) pada hari Selasa tanggal 2 Juni 2020 pukul  14.30 – 16.00 WIB.
  3. Teknis Pelaksanaan:
  4. Peserta didik mengerjakan PAT dari rumah masing-masing menggunakan smart phone, laptop atau PC
  5. link soal dan token akan dikirim melalui grup WattsApp kelas masing-masing 15 menit sebelum sesi penilaian dimulai
  6. Jika ada kendala teknis, silahkan menghubungi Wali kelas masing-masing.

Sebelumnya MTs Negeri 2 kota Semarang telah melaksanakan Uji coba (simulasi) PAT) online. Harapannya dengan uji coba ini panitia PAT bisa mendapatkan review penilaian secara online, dan di harapkan peserta didik bisa terbiasa dengan penilaian online. Panitia menyadari dipastikan aka ada beberapa kendala dihadapi peserta didik dengan menggunakan  penilaian daring (online). Dengan adanya uji coba (simulasi) peserta didik akan melaporkan kendala-kendala teknis maupun non teknis kepada Wali kelas dan Wali kelas bisa memecahkan masalah yang dihadapi. Diharapkan saat pelaksanaan PAT secara online sudah tidak ada lagi kendala dan bisa berjalan lancar. Wali kelas dan Orang tua/Wali PD  merupakan suatu hal yang  sangat membantu kelancaran proses PAT daring ditengah pandemi Covid-19 yang semoga segera berakhir.

“Soal PAT online berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 butir,”  para peserta didik mengerjakan soal PAT dari rumah masing-masing menggunakan smarphone, laptop atau komputer. Sementara Wali kelas  mengirimkan link soal dan token melalui whatsapp group kelas yang sudah terbentuk sejak sebelum pandemi. Kelebihan dari tes PAT secara online Guru mata pelajaran tidak perlu mengkoreksi hasil penilaian peserta didik, karena poin sudah otomatis muncul setelah peserta didik mengirim hasil tes.

“Guru yang bertugas tetap melakukan SOP menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan melakukan sosial distancing menjaga jarak sekitar 1-2 meter di ruangan. Sementara soal ujian PAT sendiri akan secara otomatis bisa dikerjakan oleh peserta didik setelah wali kelas mengirim link dantoken melalui Group WhatsApp mulai pukul 06.45 WIB,” (A. Juari)


Related posts

One Thought to “MTs Negeri 2 Kota Semarang melaksanakan Penilaian akhir tahun (PAT) secara daring (online) dari rumah masing-masing”

  1. Bu mas

    Bismillah…tetap semangat,dan semoga sukses

Leave a Comment