MTs Negeri 2 Kota Semarang Siapkan Materi Pembelajaran Online

KOTA SEMARANG – Dalam upaya mengantisipasi situasi darurat akibat wabah Covid-19 yang belum menentu, MTs Negeri 2 Kota Semarang  Jawa Tengah menyiapkan materi pembelajaran Online. Hal tersebut dilakukan agar ketika situasi semakin parah, hingga lock down misalnya, siswa tetap mendapatkan materi pendidikan.

Kepala MTs Negeri 2 Kota Semarang, Drs. H. Fathul hadi, M.Pd.I mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pelatihan untuk para guru dalam mengelola aplikasi Google Classroom, dan  google form pada hari Kamis tanggal 19 Maret 2020. Materi berisi tentang membuat akun, mengupload materi, tugas dan membuat soal yang nantinya bisa diakses oleh siswa.

Alhamdulillah Saat ini pembelajaran Online sudah berjalan. Seluruh guru sudah mempunyai akun dan semua siswa sudah masuk kelas online di masing-masing akun gurunya. Sehingga materi dan penugasan dapat diupload di masing-masing akun guru dan para siswa mudah mengaksesnya,. Menariknya lagi para guru bisa membuat Quiz Online sehingga langsung bias melihat hasil pekerjaan siswa secara langsung ” ungkapnya.

Google Classroom merupakan bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan masyarkat umum. Aplikasi tersebut semakin banyak yang menggunakan dan memanfaatkannya secara baik.

Kepala Madrasah juga mengatakan, peran IT sangat penting untuk pembelajaran yang tidak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas. Guru dituntut cepat beradaptasi dengan perubahan kondisi yang berpengaruh pada proses belajar mengajar.

“Alhamdulillah para guru di sini bisa menyesuaikan dan para siswa pun cepat beradaptasi,” kata beliau.

Terkait dengan wabah Covid-19, Drs. Fathul Hadi, M.Pd.I mengatakan pihak Madrasah  telah melakukunan penyemprotan disinfektan di lingkungan Madrasah. (N. Faiq)

Related posts

Leave a Comment