Bimtek Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum (KMA 183 DAN 184)

Semarang- Peningkatan kompetensi guru madrasah melalui Bimtek Implementasi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 DAN 184) dan Implementasi E-Learning jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI untuk zona Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI. Yogyakarta, Banten, dan  Bali pada hari (Rabu/kamis, 7/8 Oktober 2020)

Kegiatan Bimtek Implementasi Pembelajaran ini diikuti oleh seluruh guru Al-Qur’an Hadits se KKM MTs Kota Semarang  dan sejumlah guru rumpun mata pelajaran pendidikan agama pada madrasah lingkup Kementerian agama kota Semarang. Kegiatan yang memanfaatkan fasilitas aplikasi Zoom meeting itu tidak mengurangi semangat para peserta sampai dengan hari kedua pelaksanaan bimtek karena materi yang disampaikan cukup menarik dengan narasumber pakar pada bidangnya masing-masing.

Sementara itu Kepala Kementrian Agama Kota Semarang Drs. H. Muhdi, M.Ag menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pantauan dan monitoring sampai dengan hari terakhir kegiatan bimtek ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang cukup berarti, termasuk koneksi akses zoom meeting yang berjalan lancar sehingga sejumlah guru madrasah masih yang bergabung merasa puas dengan acara tersebut.

Kepala madrasah Fathul Hadi menjelaskan, serangkaian acara dua hari tersebut membahas tentang” “Menerjemahkan kelenturan KMA 184 dalam membuka ruang kreasi dan inovasi guru dalam melayani keberagaman bakat dan minat siswa, Tekhnik mendesain perencanaan pembelajaran mata pelajaran qur’an hadits MTs (termasuk pada pembelajaran jarak jauh berbasis E-learning, Mengoperasikan LSM E-learning madrasah, Tekhnik mendesain adaptasi kurikulum qur’an hadits MTs pada masa darurat, Strategi melahirkan keunggulan madrasah pada KMA 184 dan 183 tahun 2019, Perencanaan penilaian mata pelajaran qur’an hadits MTs pada masa darurat maupun normal, Esensi KI/KD dalam KMA 183 mata pelajaran qur’an hadits MTs, Revolusi pembelajaran di madrasah, dan Pendekatan pembelajaran abad 21 dalam pembelajaran PAI dengan nara sumber dan moderator tidak diragukan lagi.

Selain itu, pengawas madrasah H. A. Samhudi, M.PdI yang terlibat hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa bapak ibu guru qur’an hadits Se-KKMTs Kota Semarang yang hadir dalam acara bimtek di MTs Negeri 2 Kota Semarang merasa sangat antusias menikuti acara sampai selesai. (Mursyid/bd)

Related posts

Leave a Comment